UnduhSilahkan Unduh Form yang disediakan

Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Menggelar Acara Masta Fakultas

TANGERANG – Universitas Muhammadiyah Tangerang pada tahun 2018 telah resmi menambah satu fakultas baru yaitu Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif. Untuk tahun pertama ada dua program studi yaitu Program Studi Pariwisata dan Advertising. Pada tanggal 8 September 2018 merupakan hari bersejarah karena telah dilaksanakan Masa Ta’aruf (Masta) perdana bagi 32 mahasiswa/i baru beserta dosen dan dan jajaran dekanat. Selain penjelasan aspek Akademis oleh wadek 1 Drs. Trisonjaya, M.Pd dan Tatakelola oleh Wadek 2 Dra Endah R, M.Pd, dalam sambutannya Dr. Zalzulifa M.Pd selaku dekan menyampaikan bahwa ini adalah satu-satunya fakultas yang memadukan antara konsep pariwisata dan industri kreatif diantara semua pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Keberadaan fakultas baru ini selain memperkuat kelembagaan UMT juga menjadi bagian dari jejaring dakwah berkemajuan yang ada di antara 178 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia serta jaringan organisasi yang ada sampai pada level desa. Untuk itu, kepada mahasiswa baru di harapkan sebelum lulus harus sudah memiliki usaha dan kita mencoba mengubah paradigma berpikir generasi milenial era dunia tanpa batas Borderless world Societies dari pilihan menjadi Pegawai Negeri-Bekerja-Berusaha menjadi Berusaha-Bekerja-Pegawai Negeri.

Dalam praktik pembelajaran maka pada tahun pertama mahasiswa harus memahami setidaknya 10 destinasi wisata unggulan yang ada di Banten dan bersama dosen belajar merancang paket wisata serta menggali potensi industri kreatif yang tumbuh di masyarakat untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas sebagai bentuk praktik wirausaha sungguhan.

Praktik pembelajara ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk menuju negara kuat dengan mendorong 5-10% dari 270 juta penduduk bermental wirausaha. Turut hadir dalam acara masta Dr. Misbah Fikriyanto, M.Pd perwakilan dari Kemenristekdikti dan bapak Bambang Nurfauzy, ST, MM dari Community learning Center Bhakti Jaya indonesia, lembaga fasilitator pendidikan bagi pekerja migran Indonesia di Taiwan.

Sebagai bentuk komitmen awal maka pada acara Masta Parinkraf dengan tema Ta’ruf Kreatif Milineal 4.0 dilakukan penandatanganan naskah nota kesepahaman magang dan pertukaran dosen serta mahasiswa pada dua Perguruan Tinggi Taiwan yang memiliki program studi sejenis. Kedepan Parinkraf akan aktif melakukan kerjasama dengan pemerintahan, industri swasta serta universitas dalam dan luar negeri dalam rangka mengembangkan pola pikir insan Parinkrafers Think Globally Act Locally dan Bridging Mind Connecting Boundaries. Atas semangat itu semua maka secara spontan melalui acara masta telah lahir kalimat yel yel mahasiswa: Indonesia Kita, UMT Jaya, Parinkraf Oke, Saya Hebat Semoga dengan masta ini menjadi momentum bangkitnya komunitas milineal dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia. Jayalah terus parinkrafers?? (Oleh Salahuddin).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *